Lagoon Nebula (M8)

Lagoon Nebula (M8)

Cahaya Bulan cukup menerangi langit malam. Udara terasa dingin dan termometer dinding menunjukkan temperatur 17 derajat. Hembusan angin malam menambah cuaca dingin.

Hitamnya langit malam dibalik cahaya Bulan menunjukkan cuaca malam itu bagus untuk pengamatan Bintang.

Setelah membuka sliding Roof yang masih motorize, mounting CEM120 mulai di nyalakan. Mounting penggerak teleskop GSO 12″ dan ED 60 APO tersebut kemudian diarahkan ke sejumlah objek untuk mulai melakukan pengamatan sejumlah objek. salah satunya adalah sebuah Nebula di rasi Sagitarius yang dikenal dengan sebutan Lagoon Nabulae.

Lagoon Nebulae di data dalam katalog Messier sebagai objek nomer 8 sehingga sebutan lain dari Lagoon Nebula adalah M8.

Objek yang ditemukan pertama kali pada tahun 1474 oleh Guillaume Le Gentil merupakan sebuah Nebula Emisi. Dengan magnitudo 6, Lagoon Nebula mudah dideteksi oleh kamera QHY5III462C melalui teleskop kecil seperti ED60 APO F/6.

Nebula berjarak 4000-6000 tahun cahaya dari Bumi ini mempunyai dimensi (radius) hingga 55lyx22ly yang berarti mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dari tata Surya kita.

proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan software Sharpcap. Dengan menggunakan teknik live stacking, citra lagoon Nebula diambil selama 1 jam dengan Exposure time : 3s.

selamat mencoba, Lagoon Nebula merupakan salah satu Nebula yang menarik untuk berlatih Astrofotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Citra Matahari Terkini

Latest image from Helioviewer.org.